Cara Melakukan Sambung Pucuk Agar Pohon Cepat Tumbuh

Cara Sambung Pucuk Agar Tanaman Cepat Tumbuh – Di negara kita Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan yang sangat luas, diperkirakan luasnya lebih besar hutannya daripada hunian padat penduduk. Maka dari itu sistem pertanian di Indonesia sangat di unggulkan, baik dari persawahan maupun perkebunan. Saat ini banyak sekali pengusaha muda yang sudah sukses dari berkebun dan bertani. Untuk dapat sukses kita memerlukan banyak sekali ilmu pengetahuan yang harus kita kuasai, misalnya tentang pertumbuhan tanaman. Kali ini admin akan berbagi tips dan trik atau cara menyambung pucuk tumbuhan, cara ini sangat berguna sekali untuk perkembangan ekosistem kebun yang kita miliki, simak penjelasan dibawah ini.

Dalam berkebun kita pasti memiliki tumbuhan di dalamnya, nah sebagai contoh tumbuhan alpukat. Alpukat merupakan salah satu buah yang banyak sekali vitamin dan nutrisinya, baik sekali digunakan untuk Jus dan lain sebagainya. Nah saat ini buah alpukat ini sangat banyak sekali peminatnya, selain rasanya yang yahut, manfaatnya juga banyak. Salah satu manfaat buah alpukat yaitu dapat mencegah banyak penyakit, baik untuk ibu yang sedang hamil muda atau hamil tua.

Mengkonsumsi buah alpukat akan membuat tubuh kita semakin berenergi dan sehat tentunya. Maka dari itu banyak sekali yang menanam buah alpukat di rumah maupun dikebun. Pertanyaannya apakah kamu sudah mengetahui cara untuk menanam dan mengembangkan buah alpukat ini…? Disini kamu akan mendapatkan jawabannya. Baiklah tidak perlu panjang lebar langsung saja pada inti pembahasan, simak baik-baik, karena setiap langkah harus di ikuti.

Sambung Pucuk Pohon Alpukat

Sambung Pucuk Pohon Alpukat

Cara Budidaya Buah Alpukat

Budi daya alpukat memang sangat menguntungkan sekali di bandingkan dengan buah lainnya. Saat ini harga alpukat mencapai 15-20 ribu langsung dari petani. Jika kita lihat di supermarket atau pasar, harga alpukat akan semakin tinggi dan dapat mencapai hingga ratusan ribu. Untuk cara budidayanya yuk simak dibawah ini.

  • Persiapan tempat untuk pembibitan – Untuk tempat kalian dapat menggunakan area yang agak lebar, bisa samping rumah atau belakang rumah. Usahakan area tidak tertutupi oleh pohon yang rindang, karena akan menghambat pertumbuhan alpukat.
  • Pilih bibit yang unggul (buah besar dan halus) – Pemilihan ini dapat dilakukan dengan cara mencangkok atau sambung pucuk buah alpukat, untuk cara sambung pucuk akan saya bahas di bawah.
  • Media tanam (tanah, pupuk, air) – Sediakan campuran tanah dan pupuk, ukuran tanah 1, pupuk kandang setengah dan umput 1. Dan jangan lupa siapkan air. Untuk penggalian media tanam jangan terlalu dalam, secukupnya saja.
  • Perawatan – Setelah menanam pohon alpukat tentunya harus di rawat, perawatan ini mencakup dari penyiraman air dan juga pengobatan hama jika terjadi serangan hama.
  • Untuk langkahnya sangat simple dan judah di aplikasikan, namun kadang semua itu berbeda dengan kenyataannya. Jadi perlu banyak pembelajaran dalam menanam pohon, baik sambung pucuk, cangkok dan lain sebagainya. Silahkan untuk bereksperimen dan jangan sampai merekam semua yang dilakukan, Agar kedepannya kita bisa mengetahui jika ada kesalahan dan dapat kita perbaiki. Baiklah di bawah ini tips untuk sambuk pucuk pohon alpukat.

Cara Sambung Pucuk Alpukat Pasti Berhasil

  1. Siapkan batang pohon yang akan dijadikan tumpangannya – Kalian dapat menggunakan banyak jenis pohon, namun harus di perhatikan jenisnya. Pilih jenis yang sama dengan pohon alpukat, baik dari segi kualitas pohonnya dan lainnya.
  2. Siapkan batang pohon yang akan disambung – Pemilihan ujung batang ini sangat penting, karena jika kita salah dalam memilih, biasanya pohon tidak mau bertunas. Pilihlah pucuk alpukat yang belum bertunas muda, tentunya di ambil dari indukan yang sudah pernah berbuah dan bagus.
  3. Siapkan Peralatannya – Alat yang digunakan biasanya Pisau yang tajam, plastik es untuk mengikat dan plastik untuk menutup semua permukaan lilitan.

Langkah-Langkah Sambung Pucuk

  1. Potong bibit pohon utama dengan pisau tadi, usahakan pemotongan jangan sampai terpegang oleh tangan, supaya bersih dan steril, dan belah bagian tengah.
  2. Potong entris yang akan disambungkan dengan cara menyamping dan memanjang
  3. Masukkan potongan entris tadi ke batang pohon utama, usahakan jangan sampai renggang antara potongan tadi
  4. Lilit dengan plastik yang sudah du sediakan tadi sampai benar-benar rapat
  5. Terakhir cungkup dengan plastik ujung batang yang sudah disambung tadi.

Sekian cara mudah menyambung pucuk untuk pohon alpukat, semoga dengan tips yang saya bagikan ini dapat bermanfaat.