6 Cara Merawat Tumbuhan Agar Tidak Layu Dan Mati

Cara Merawat Tumbuhan Agar Tidak Layu – Bagi sobat yang menyukai tanaman, cara merawat tanaman ini sangat penting dilakukan dan juga dapat menjadi hobi yang menyenangkan. Coba bayangkan prosesnya dari mulai membeli benih, penanaman, perawatan dan juga pemupukan. Pasti akan menjadi kepuasan bagi kita dari cara merawat tanaman agar cepat tumbuh dan menghasilkan. Jadi jika kita mempunyai tanaman dirumah baik itu sayuran, buah-buahan dan lainnya. Kita tidak perlu kepasar lo untuk memakannya.

Namun jika tanaman layu dan tidak berbuah, pasti akan membuat kita stres kan…? apalagi kalau sampai tanaman yang kamu sayangi mati, hugfh…. bisa bikin frustasi bukan..? alih-alih kamu jadi murung dan putus asa dalam menekuninya. Ini perlu di teliti kembali jangan-jangan cara merawat tanaman kamu salah. Maka dari itu kamu perlu sekali untuk mempelajari bagaimana cara merawat tanaman yang benar dan baik.

Jika sudah mengetahui cara menanam dan perawatan yang baik, maka hobi kamu tidak akan membuat kamu stres lagi. Malah akan menjadi hobi yang membahagiakan. Untuk lebih lengkapnya mengenai cara merawat tumbuhan agar tidak layu, yuk simak penjelasan dibawah ini.

Melakukan Penyiraman Secara Tepat Dan Teratur

cara merawat tumbuhan yang baik

cara merawat tumbuhan yang baik

Untuk melakukan penyiraman pada tanaman, perlu adanya teknik yang tepat dengan menyesuaikan kondisi dan juga curah hujan. Jika hujan mulai sering ya jangan lakukan penyiraman tanaman tersebut. Nah disini yang kit akan lakukan penyiraman pada tanaman yang baru saja ditanam dan tidak ditempat panas dan hujan.

Kenali tanaman atau tumbuhan yang kamu miliki, berapa kebutuhan air yang diserap setiap harinya. Pada dasarnya jika kita terlalu sedikit menyiram tumbuhan yang baru saja ditanam akan membuat tanah kering dan tumbuhan menjadi kekurangan air. Dan juga sebaliknya, jika penyiraman ini terlalu banyak maka bisa jadi akan membuat tumbuhan busuk dan mati. Ikuti tips menarik dibawah ini.

  1. Siramlah tanaman pada malam hari atau pagi hari, karena tumbuhan akan membutuhkan air pada siang hari.
  2. Siramlah tumbuhan di beberapa titik, jangan hanya fokus pada satu titik saja, Karena akan membuat tanah berlobang dan akan membuka akar di dalamnya.
  3. Jangan terlalu banyak menyiram pada bagian daun, sebab dapat mengundang penyakit dan lainnya.
  4. Hindarkan tanaman pada genangan air (terlalu banyak air) karena hal ini akan menutupi tanah dari oksigen yang masuk. Hal ini dapat merusak tanaman.
  5. Memberikan Sinar Matahari Dengan Merata

Selain penyiraman yang baik, tumbuhan juga membutuhkan sinar matahari. Namun untuk tanaman yang baru saja ditanam, sebisa mungkin jangan langsung berhadapan dengan matahari. Berikan peneduh agar tumbuhan tidak layu, jika pucuk dahan sudah mulai terlihat sehat maka bukaklah penutup agar tumbuhan cepat bertrumbus.

Kontrol Kelembapan Dan Suhu

Hal ini sangat perlu diperhatikan, suhu dalam ruangan atau diluar ruangan harus diperhitungkan. Jika kamu menanam jenis tumbuhan yang tidak berbatang dan ditaruh langsung ditempat terbuka, maka yakinlah tidak akan lama kehidupan yang dimiliki tanaman tersebut.

Teliti kembali tanaman yang ingin sobat tanam, cocok atau tidak dengan suhu yang ada di daerah sobat. Contoh saja pohon apel, pohon jenis ini membutuhkan tempat yang lumayan dingin seperti di kota Batu Malang.

Antisipasi Hama Dan Penyakit Dari Awal

Memang cara merawat tanaman yang efektif memerlukan banyak sekali penelitian, baik dari segi cara menanam, cara memberikan pupuk, cara memberikan air dan lainnya. Hal penting serupa yang perlu diperhatikan yaitu mengantisipasi penyakit sejak dini. Nah bagaimana caranya…? simak dibawah ini.

  1. Menjaga kualitas tanah dengan memberikan nutrisi organik, contohnya kotoran sapi, kambing dll. Dan juga bisa menggunakan kompos alami.
  2. Membuat rotasi tanaman, dalam satu waktu sobat bisa meroling beberapa jenis tanaman. Hal ini dimaksudkan agar hama yang sama tidak akan bersarang kemabali.
  3. Perhatikan kondisi tanaman dari mulai pemupukan, penyirana dan asupan sinar matahari.
  4. Sering membersihkan tempat dari rumput yang tumbuh disekitar tanaman.

Menghindari Pupuk Kimia

Untuk hasil tanaman yang baik dan tidak berbahaya, maka hindari pupuk kimia. Gunakan pupuk organik yang bersahabat dengan tanah, baik dari sampah organik, tumbuhan yang busuk dan lai sebagainya.

Intinya yang dari tanah akan kembali ketanah, itu rumus yang benar menurut para ahli. Jika kita menanam sayur, maka daun atau batang yang tidak di panen bisa menjadi pupuk kompos yang baik untuk tanaman berikutnya.

Memberikan Nutrisi Pada Tumbuhan

Mustahil tumbuhan akan berbuah lebat jika kamu tidak menambahkan 6 unsur penting yang dibutuhkan tanaman. Unsur penting tersebut yaitu nitrogen, fosfor, potassium, magnesium, sulfur dan juga kalsium.

Dari 6 unsur tersebut kurang dari salah satunya, maka tumbuhan akan cepat layu dan tidak berbunga. Jika semuanya berbunga dan memiliki harum yang semerbak, saya yakin burung kicau akan mampir dan menghisap madunya (tanaman bunga).

Nah demikian postingan pada kesempatan kali ini mengenai cara agar tumbuhan tidak mudah layu yang dapat admin bagikan, semoga dengan secuil informasi ini dapat menambah pengalaman serta ilmu bagi sobat tani semuanya. Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan, sampai jumpa di lain kesempatan, selamat mencoba dan semoga berhasil.