Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi

Tape-Worm.info – Prenjak merupakan salah satu jenis burung kicau kecil yang bersuara lantang. Meski suara kicaunya monoton atau kurang bervareasi, namun penggemar burung prenjak cukup banyak.

Baik dialam liar maupun didalam sangkar, prenjak termasuk burung yang aktif berkicau. Meski begitu, dalam situasi tertentu burung prenjak bisa mengalami macet bunyi.

Sebagai seorang pemilik yang suka mendengarkan suara burung prenjak kesayangannya tentu akan merasa sepi apabila sang prenjak berhenti berkicau. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan menuliskan perawatan burung prenjak yang macet bunyi.

Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi

Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi

Ketika disangkar harian, biasanya para kicaumania merawat prenjak dengan mengacu pada perawatan burung secara umum. Seperti memberikan pakan utama voer dan juga pakan tambahan berupa kroto, jangkrik dan ulat hongkong.

Namun para penghobi burung masih banyak yang hanya mengandalkan pakan voer saja. Pemberian pakan tambahan hanya beberapa hari sekali, atau ketika sedang ingat saja. Padahal merawat burung prenjak tidak bisa disamakan dengan merawat burung kicau jenis lain.

Jika pada umumnya birahi burung kicau sengaja di normalkan atau distabilkan supaya ketika dilombakan menampilkan performa yang maksimal. Namun lain halnya dengan perawatan burung prenjak yang dibuat agar selalu birahi supaya mau merespon suara prenjak lain dan mengeluarkan suara kerasnya.

Nah, apabila burung prenjak kalian tidak mau berkicau atau intensitas berkicaunya menurun drastis, pasti ada masalah dalam pola perawatannya. Agar si burung kecil tersebut mau berikicau lagi, berikut ini beberapa perawatan yang bisa kalian coba.

  • Berikan Voer kualitas tinggi. Ada banyak jenis voer yang memiliki kandungan gizi lengkap dengan berbagai merk yang bisa kalian dapatkan di kios burung. Supaya lebih lengkap, campurkan tepung daging atau tepung jangkrik ke dalam Voer.
  • Setiap pagi hari berikan ulat hongkong sebanyak satu cepuk. Bisa diganting dengan kroto sebanyak 1/2 cepuk setiap pagi dan sore hari.
  • Berikan jangkrik kecil 1 ekor setiap 2 jam sekali. Artinya dalam satu hari burung prenjak mengkonsumsi 6 ekor jangkrik.
  • Berikan belalang hijau, jika ada. Belalang hijau bagus untuk membuat burung cepat jinak.
  • Jemur prenjak kurang lebih 30 menit, jangan sampai lewat dari 1 jam. Penjemuran bisa kalian lakukan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.
  • Untuk memancing prenjak rajin bunyi, sobat bisa menyandingakan dengan prenjak betina supaya sahut-sahutan.
  • Sekitar jam 17.00 atau jam 5 sore hari, burung dimasukan kedalam rumah agar beristirahat.

Baca juga : Cara Merawat Tumbuhan Agar Tidak Layu

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa kalian coba supaya prenjak yang mancet bunyi kembali rajin bunyi. Apabila dengan cara diatas prenjak masih tidak mau bunyi, sebaiknya berikan multi-vitamin seperti BirdVit agar burung tetap dalam keadaan fit.

Mengenali cara merawat setiap burung memang hal yang harus dipelajari oleh para kicaumania yang serius. Dengan memahami cara-caranya, kita bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, seperti macet bunyi.

Demikian penjalasan yang bisa saya sampaikan, semoga tulisan diatas bisa menambah wawasan kita. Apabila ada kurang atau ada yang ditanyakan, silahkan tinggalkan dalam komentar dibawah ini.